Friday, November 23, 2012

Tugas 3 Bahasa Indonesia


KATA
ARTI KATA
PADANAN KATA
Abnormal perfomance index
Indeks tidak normal
Daftar tidak biasa
Adjustment                                                                  
Penyesuaian
Penghilangan
Adjusted price
Harga yang disesuaikan
Harga yang sebanding
Administrative expenses
Biaya Administrasi
Biaya kepengurusan
Advance payment
Pembayaran diawal
Uang muka
Audit working paper                                                   
Kertas Kerja Audit
Catatan pemeriksaan keuangan
Automatic premium loan
Iuran otomatis pinjaman
Angsuran pinjaman
Bank line
Kredit maksimum yang diperbolehkan pelanggan
Ikatan (janji) bank
Blanket expense policy
Kebijakan biaya lapisan
Peraturan pengenaan tarif
Capital adequacy ratio (CAR)
Kewajiban penyediaan modal
Rasio modal yang memadai
Cash disbursement
Penarikan kas
Pengeluaran kas
Certified public accountant
Akuntan publik terdaftar
Akuntan publik bersetifikat
Checking account                                                        
Rekening giro
Simpanan nasabah
Collective rights of stockholders
Hak-hak kolektif dari pemegang saham
Hak bersama pemegang saham
Competitive bid
Persaingan penawaran
Penawaran kompetitif
Completion bond
Penyelesaian obligasi
Pelunasan obligasi
Conditional sale floater (insurance)
Asuransi
Jaminan
Consumer debenture
 Konsumen obligasi
Pemegang obligasi
Continuous budget
Anggaran berkelanjutan
Anggran rutin
Cost  forecasting
Biaya tak terduga
Biaya lain-lain
Cost of goods sold
Harga Pokok Penjualan
Biaya penjualan
Economic entity
Kesatuan usaha ekonomi
Badan usaha
Economic class
Kelas ekonomi
Tingkat ekonomi
Financial intermediary
Organisasi pasar uang
Perantara keuangan
Financial reporting
Catatan informasi keuangan
 Laporan Keuangan




  1. Uang Muka  : W Productions membayar sebesar lima ratus juta rupiah untuk membayar uang muka penampilan artis-artis dari SM Entertainment.
  2.  Angsuran pinjaman : Hana Bank menerima uang angsuran pinjaman dari PT. JYP Productions sebesar seratus juta setiap bulannya.
  3. Badan Usaha : PT. Sukses Makmur menjadi salah satu Badan Usaha paling sukses di Indonesia.
  4. Pemegang obligasi : Tuan Choi Kiho ialah pemegang obligasi terbanyak pada PT. Hyundai Departement Store dengan tingkat presentase sebesar 40% dari total obligasi.
  5. Laporan Keuangan : Laporan Keuangan PT. Maju Bersama masih dalam proses pengauditan akhir.

Kelompok
1. Nuryana 25210226
2. Ratna Sapitri 25210671
3. Shinta Nur Amalia 26210523

Saturday, November 3, 2012

Tugas 2 Softskill


Akuntansi Perbankan
Buku 2, Indra Bastian dan Suhardjono
Penerbit Salemba Empat, 2006

Buku ini merupakan buku teks untuk mengenalkan penerapan akuntansi di industri perbankan. Teorinya didasarkan pada berbagai literatur akuntansi perusahaan dan Pedoman Akuntansi Perbankan Indonesia (PAPI) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, serta Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) No. 31 (revisi 2000) tentang Akuntansi Perbankan. Sedangkan aplikasi diperoleh dari praktik akuntansi di PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. yang menggunakan standar sistem akuntansi yang diterima oleh masyarakat luas (Bapepam, Pasar Modal, dan sebagainya). Sedangkan sistem pembukuan menggunakan sistem aplikasi bertaraf internasional, yaitu Silverlake, yang juga digunakan oleh bank-bank di dalam negeri. Dengan demikian pembahasannya dapat dipahami dan diterapkan oelh sebagian besar pengguna sistem akuntansi perbankan yang berlaku di Indonesia. Daftar Isi: Bagian IV: Akuntansi Kewajiban dan Modal.Bab 16 Akuntansi Kewajiban Segera. Bab 17 Akuntansi Simpanan Pihak Ketiga. Bab 18 Akuntansi Simpanan Bank Lain. Bab 19 Akuntansi Kewajiban Derivatif. Bab 20 Akuntansi Surat Berharga yang Diterbitkan. Bab 21 Akuntansi Pinjaman yang Diterima. Bab 22 Akuntansi Kewajiban Lain-lain. Bab 23 Akuntansi Pinjaman Subordinasi. Bab 24 Akuntansi Modal Pinjaman. Bab 25 Akuntansi Modal.Bagian V: Akuntansi Komitmen, Kontijensi, Pendapatan dan Beban, serta Siklus Akuntansi Bank.Bab 26 Akuntansi Komitmen dan Kontijensi. Bab 27 Akuntansi Pendapatan dan Beban. Bab 28 Siklus Akuntansi Bank.Bagian VI: Laporan dan Analisis Laporan Keuangan Perbankan.Bab 29 Laporan Keuangan Perbankan. Bab 30 Analisis Laporan Keuangan Perbankan.

            Tujuan penulis menulis buku ini adalah buku ini merupakan buku teks mengenalkan penerapan akuntansi di industri perbankan. Teorinya didasarkan kepada berbagai literatur akuntansi perusahaan dan pedoman akuntansi perbankan Indonesia (PAPI) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia, serta pernyataan standaar akuntansi keuangan nomer 31 (revisi 2000) tentang akuntansi perbankan sedangkan aplikasi diperoleh dari praktik akuntansi di PT Bank Rakyat Indonesia (Persero Tbk.) yang menggunakan sistem akuntansi diterima oleh masyarakat luas (Bapepam, pasar modal dan sebagainya).  Sedangkan sistem pembukuan menggunakan sistem aplikasi bertaraf internasional, yaitu silver lake, yang juga digunakan bank-bank dalam negri dengan demikian pembahasannya dapat dipahami dan diterapkan oleh sebagian pengguna sistem akuntansi perbankan di Indonesia.








Akuntansi Lanjutan Edisi 7 Jilid 1
Floyd A Beams, 2005
PT. Indeks (Kelompok Gramedia)
Buku ini membahas tentang metode biaya dan ekuitas untuk investasi di saham biasa, laporan usaha konsolidasi. Pada bab pertama, memberikan latar belakang yang relevan berkenaan dengan bentuk dan dampak ekonomi perkembangan nusantara. Prinsip konsolidasi telah lama ditunggu akan mencerminkan kecenderungan untuk menuju kestatus standar internasional dan diperkenalkan pada bab ini. Untuk bab dua, akuntansi metode ekuitas konsolidasi satu baris untuk didiskusikan dan cakupan konsolidasinya paralel memudahkan pembahasan konsep dasar seperti konsolidasi laba bersih dan laba ditahan. Bab ketiga melaporkan berkaitan dengan akuntansi pelaporan anak perusahaan diintegrasikan dalam laporan keuangan konsolidasi dan akuntansi push-down. Bab empat memperkenalkan teknik kertas kerja dan prosedur konsolidasi yang disajikan untuk pendekatan kertas kerja laporan keuangan tiga bagian : neraca saldo, metode ekuitas dan metode biaya. Pada bab lima, enam, tujuh dan delapan membahas tentang obligasi, aktiva tetap, persediaan, perubahan kepemilikan pada perusahaan anak. Bab sembilan, sepuluh dan sebelas membahas struktur afiliasi yang rumit, membahas anak perusahaan dan saham preferen dan pajak penghasilan entitas terkonsolidasi. Bab dua belas membahas akuntasi dan praktek pelaporan untuk operasi kantor cabang. Bab tiga belas membahas mata uang asing untuk ekspor impor untuk transaksi forward atau untuk melindungi kerugian kurs. Bab lima belas, enam belas dan tujuh belas membahas pengungkapan segmen usaha dan laporan keuangan intern membahas organisasi,operasi,memperluas pembahasan persekutuan likuidasi. Bab delapan belas, sembilan belas, dua puluh dan dua puluh satu membahas likuidasi perusahaan,memberikan dasar-dasar akuntansi pemerintahan, memperkenalkan akuntansi nirlaba sosial rumah sakit dan universitas.
Menurut penulis buku ini telah diperbarui sehingga mencerminkan perkembangan dunia usaha serta kemajuan standar akuntansi dan berbagai peraturan dan perundang-undangan dibidang akuntansi yang lazim digunakan dibanyak negara.
Buku ini lebih unggul dibandingkan buku-buku sejenis karena sangat berorientasi pada mahasiswa unggulannya itu tampak jelas pada format jurnal,kertas kerja, kutipan-kutipan perusahaan, laporan tahun perusahaan dalam bentuk yang sangat mudah dipahami. Karena keunggulannya buku ini telah menjadi buku wajib di berbagai perguruan tinggi terkemuka di dunia termasuk di Indonesia.

Nuryana 25210226
Ratna Sapitri 25210671
Shinta Nur Amalia 26210523

Tugas 1 Sotfskill


(1)  Beri komentar tentang artikel berikut ini:
Pemasaran adalah merupakan salah satu kegiatan utama dalam bidang perekonomian, disamping kegiatan produksi dan konsumsi. Konsumsi baru bias terlaksana setelah adanya kegiatan produksi dan pemasaran. Dengan kata lain, produksi dan pemasaran dapat membantu terlaksananya tujuan konsumsi. Pemasaran jika kita lihat berada diantara produksi dan konsumsi, yang berarti bahwa pemasaran menjadi penghubung antara dua faktor tersebut. Dalam kondisi perekonomian sekarang ini, tanpa adanya pemasaran orang sulit mencapai tujuan konsumsi yang memuaskan. Betapapun baiknya produk yang dihasilkan, jika orang lain tidak mengetahuinya, maka produk tersebut sulit akan laku.
Jelaskan selengkap mungkin apa, kesalahan yang kalian temukan pada artikel di atas!
Jawaban
          Menurut kelompok kami untuk meperjelas dalam suatu artikel produksi dan pemasaran kami menambahkan pengertian dari suatu produksi  dan  pemasaran dengan sistemnya masing masing.

Latar belakang perusahaan dalam menjalankan aktivitasnya baik perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa maupun barang mempunyai tujuan yang sama yaitu memperoleh keuntungan.Selain itu perusahaan juga ingin memberikan kepuasan kepada konsumen atas produk yang yang dihasilkannya, karena kepuasan konsumen menjadi tolak ukur darikeberhasilan perusahaan dalam menghasilkan produk yang berkualitas, dan yang diinginkan oleh konsumen. Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salahsatunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkanakan sia-sia.

Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang dapat mengarahkan organisasi atau seseorang untuk menciptakan transaksi antara pembeli dan penjual. Promosi merupakan kegiatan terakhir dari marketing mix yang sangat penting karena sekarang ini kebanyakan pasar lebih banyak bersifat pasar pembeli di mana keputusan terakhir terjadinya transaksi jual beli sangat dipengaruhi oleh konsumen.
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Fungsi utama mengapa kegiatan pemasaran dilakukan adalah
1. Untuk memberikan informasi tentang produk yang dijual perusahaan.
2. Untuk mempengaruhi keputusan membeli konsumen.
3. Untuk menciptakan nilai ekonomis suatu barang.
Kegiatan utama pemasaran atau juga disebut marketing mix adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 variable yaitu produk, struktur harga, kegiatan promosi dan saluran distribusi dengan tujuan untuk menentukan tingkat keberhasilan pemasaran perusahaan yang bisa memberikan kepuasan dalam pemenuhan kebutuhan konsumenyang dipilih atau segmen pasar yang di harapkan.
Perkembangan konsep pemasaran tersebut mencerminkan perkembangan penekanan kepentingan perusahaan atas bisnisnya. Perusahaan yang mempunyai konsep produksi, konsep produk, dan konsep penjualan mempunyai kepentingan (orientasi) internal perusahaan lebih dominan. Pada orientasi eksternal, pergeseran ke konsep pasar berarti menambah perhatian perusahaan tidak hanya mendasarkan kepentingan perusahaan dan pihak pelanggan saja, tetapi juga perlu memperhatikan kepentingan pesaing.
Produk adalah merupakan bentuk penawaran organisasi jasa yang ditujukan untuk mencapai tujuanmelalui pemuasan kebutuhan dan keinginan pelanggan. Produk disini bisa berupa apasaja (baik yang berwujud fisik maupun tidak) yang dapat ditawarkan kepada pelanggan potensial untuk.memenuhi kebutuhan dan keinginan tertentu. Produk merupakan semuayang ditawarkan ke pasar untuk diperhatikan, diperoleh dan digunakan atau dikonsumsiuntuk dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan yang berupa fisik, jasa, orang,organisasi dan ide.Produk merupakan hasil dari kegiatan produksi perusahaan yang nantinya akan di jual perusahaan atau barang yang dibeli perusahaan untuk dijual kembali kepada konsumenakhir (bagi perusahaan dagang).
Konsep produksi adalah anggapan pemasar yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah. Dengan demikian fokus kegiatan perusahaan yang harus dilakukan adalah efesiensi biaya (produksi dan distribusi) agar dapat menjual barang dengan murah kepada konsumen. Dengan kata lain jika perusahaan tersebut menjual barang dengan biaya yang murah maka konsumen akan membeli produk buatan perusahaa tersebut (perusahaan tersebut akan menarik konsumen sebanyak-banyaknya), dengan demikian produksi barang tersebut pun akan meningkat.
Karena produk merupakan titik sentral dari kegiatan pemasaran, keberhasilan suatu perusahaan dapat diketahui dari respon yang ditunjukkan oleh konsumen. Pada situasi persaingan dan perubahan yang bergerak begitu cepat ini perusahaan ditekan oleh faktor-aktor eksternal seperti perubahan teknologi, ekonomi, sosial kultural dan pasar. Di sisi lain, secara internal perusahaan menghadapi perubahan organisasi yang tak kalah peliknya, seperti masalah budaya perusahaan, struktur, karyawan, pemegangsaham. Dalam situasi seperti ini konsep pemasaran tidak lagi cukup hanya berbicaratentang penjualan, periklanan atau bahkan konsep bauran pemasaran 4P (product, place, pricing, dan promotion).Pemasaran harus dilihat sebagai suatu konsep bisnis strategi (strategic business concept. Artinya pemasaran tidak lagi sekedar pemasaran pada arti sebenarnya, melainkan harus diintegrasikan dengan strategi perusahaan secara keseluruhan.

Dalam mencapai strategi pemasaran yang tepat dan terbaik untuk diterapkan, salah satunya perusahaan dapat melihat dari faktor bauran pemasaran. Hal tersebut penting karena bauran pemasaran merupakan salah satu pokok pertimbangan konsumen dalammelakukan keputusan pembelian suatu produk. Jika perusahaan tidak peka terhadap apa yang dibutuhkan oleh konsumen, maka dapat dipastikan bahwa perusahaan akan kehilangan banyak kesempatan untuk menjaring konsumen dan produk yang ditawarkanakan sia-sia. Pemasaran merupakan salah satu ilmu ekonomi yang telah lama berkembang, dan sampai pada saat sekarang ini pemasaran sangat mempengaruhi keberhasilan suatu perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pangsa pasar. Oleh karena itu diperlukan strategi pemasaranyang dapat memberikan pengaruh untuk menentukan berhasil atau tidaknya dalammemasarkan produknya. Apabila strategi pemasaran yang dilaksanakan perusahaantersebut mampu memasarkan produknya dengan baik, hal ini akan berpengaruh terhadaptujuan perusahaan.















(2). Pemukiman kumuh sering diidentikkan dengan kemiskinan, bahkan hasil penelitian Ismail (1991:1) menunjukkan bahwa pertumbuhan pemukiman kumuh berhubungan positif dengan problema kemiskinan penduduk. Semakin banyak penduduk miskin di perkotaan, semakin meningkat jumlah pemukiman (kampong) kumuh. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa penduduk pemukiman kumuh merupakan masyarakat miskin. Keterbatasan ekonomi dan keadaan social yang kurang mendukung mengakibatkan lapisan penduduk marjinal DKI Jakarta dengan terpaksa dan atau sengaja bermukim di pemukiman kumuh. Di antara mereka bahkan mendirikan bangunan liar pada lokasi yang tidak diperuntukkan sebagai pemukiman atau pada lahan milik pihak lain. Timbul masalah kesehatan yang mendasar, seperti: masalah air minum, tinja, sampah, sanitasi makanan, serangga dan pencernaan yang disebabkan oleh timbulnya pemukiman kumuh. Permasalahan kesehatan tersebut yang telah menjadi problematika bagi masyarakat maupun aparat pemerintah.
Berdasarkan artikel no 2 susun (1) Rumusan masalah, (2) Tujuan penelitian

PENDAHULUAN
1. Latar Belakang
Bagi kota-kota besar di Indonesia, persoalan kemiskinan merupakan masalah yang serius karena dikhawatirkan akan menyebabkan terjadinya kantong-kantong kemiskinan yang kronis dan kemudian menyebabkan lahirnya berbagai persoalan sosial di luar kontrol atau kemampuan pemerintah kota untuk menangani dan mengawasinya. Kemiskinan merupakan salah satu masalah sosial di Indonesia yang tidak mudah untuk diatasi. Beragam upaya dan program dilakukan untuk mengatasinya, namun masih saja banyak kita jumpai permukiman masyarakat miskin di hampir setiap sudut kota yang disertai dengan ketidaktertiban dalam hidup bermasyarakat di perkotaan. Misalnya yaitu, pendirian rumah maupun kios dagang secara liar di lahan-lahan pinggir jalan sehingga mengganggu ketertiban lalu lintas yang akhirnya menimbulkan kemacetan jalanan kota. Masyarakat miskin di perkotaan itu unik dengan berbagai problematika sosialnya sehingga perlu mengupas akar masalah dan merumuskan solusi terbaik bagi kesejahteraan mereka. Dapat dijelaskan bahwa bukanlah kemauan mereka untuk menjadi sumber masalah bagi kota namun karena faktor-faktor ketidakberdayaanlah yang membuat mereka terpaksa menjadi ancaman bagi eksistensi kota yang mensejahterahkan.
Keluhan yang paling sering disampaikan mengenai permukiman masyarakat miskin tersebut adalah rendahnya kualitas lingkungan yang dianggap sebagai bagian kota yang mesti disingkirkan. Terbentuknya pemukiman kumuh, yang sering disebut sebagai slum area sering dipandang potensial menimbulkan banyak masalah perkotaan, karena dapat merupakan sumber timbulnya berbagai perilaku menyimpang, seperti kejahatan, dan sumber penyakit sosial lainnya. Karena itulah saya tertarik untuk membahas tentang pemukiman kumuh dan upaya untuk mengatasinya di perkotaan.
2. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah pengertian dan karakteristik permukiman kumuh?
2. Bagaimanakah sebab dan proses terbentuknya permukiman kumuh?
3. Apa masalah-masalah yang timbul akibat permukiman kumuh?
4. Bagaimana upaya untuk mengatasi permukiman kumuh?
3. Tujuan
Tujuan dari penulisan makalah ini adalah:
1. Untuk mengetahui pengertian dan karakteristik permukiman kumuh.
2. Untuk mengetahui sebab dan proses terbentuknya permukiman kumuh.
3. Untuk mengetahui masalah-masalah yang timbul akibat permukiman kumuh.
4. Untuk mengetahui upaya untuk mengatasi permukiman kumuh.

Penjelasan dari rumusan maslah diatas adalah
1. Pengertian dan Karakteristik Permukiman Kumuh
Permukiman adalah bagian dari lingkungan hidup di luar kawasan lindung, dapat merupakan kawasan perkotaan dan perdesaan, berfungsi sebagai lingkungan tempat tinggal/hunian dan tempat kegiatan yang mendukung perikehidupan dan penghidupan.
Sedangkan kata “kumuh” menurut kamus besar bahasa indonesia diartikan sebagai kotor atau cemar. Jadi, bukan padat, rapat becek, bau, reyot, atau tidak teraturnya, tetapi justru kotornya yang menjadikan sesuatu dapat dikatakan kumuh.
Menurut Johan Silas Permukiman Kumuh dapat diartikan menjadi dua bagian, yang pertama ialah kawasan yang proses pembentukannya karena keterbatasan kota dalam menampung perkembangan kota sehingga timbul kompetisi dalam menggunakan lahan perkotaan. Sedangkan kawasan permukiman berkepadatan tinggi merupakan embrio permukiman kumuh. Dan yang kedua ialah kawasan yang lokasi penyebarannya secara geografis terdesak perkembangan kota yang semula baik, lambat laun menjadi kumuh. Yang menjadi penyebabnya adalah mobilitas sosial ekonomi yang stagnan.
Karakteristik Permukiman Kumuh : (Menurut Johan Silas)
1. Keadaan rumah pada permukiman kumuh terpaksa dibawah standar, rata-rata 6 m2/orang. Sedangkan fasilitas kekotaan secara langsung tidak terlayani karena tidak tersedia. Namun karena lokasinya dekat dengan permukiman yang ada, maka fasilitas lingkungan tersebut tak sulit mendapatkannya.
2. Permukiman ini secara fisik memberi
3. kan manfaat pokok, yaitu dekat tempat mencari nafkah (opportunity value) dan harga rumah juga murah (asas keterjangkauan) baik membeli atau menyewa. Manfaat permukiman disamping pertimbangan lapangan kerja dan harga murah adalah kesempatan mendapatkannya atau aksesibilitas tinggi.Hampir setiap orang tanpa syarat yang bertele-tele pada setiap saat dan tingkat kemampuan membayar apapun, selalu dapat diterima dan berdiam di sana, termasuk masyarakat “residu” seperti residivis, WTS dan lain-lain.
Kriteria Umum Permukiman Kumuh:
1. Mandiri dan produktif dalam banyak aspek, namun terletak pada tempat yang perlu dibenahi.
2. Keadaan fisik hunian minim dan perkembangannya lambat. Meskipun terbatas, namun masih dapat ditingkatkan.
3. Para penghuni lingkungan permukiman kumuh pada umumnya bermata pencaharian tidak tetap dalam usaha non formal dengan tingkat pendidikan rendah
4. Pada umumnya penghuni mengalami kemacetan mobilitas pada tingkat yang paling bawah, meskipun tidak miskin serta tidak menunggu bantuan pemerintah, kecuali dibuka peluang untuk mendorong mobilitas tersebut.
5. Ada kemungkinan dilayani oleh berbagai fasilitas kota dalam kesatuan program pembangunan kota pada umumnya.
6. Kehadirannya perlu dilihat dan diperlukan sebagai bagian sistem kota yang satu, tetapi tidak semua begitu saja dapat dianggap permanen.
Kriteria Khusus Permukiman Kumuh:
1. Berada di lokasi tidak legal
2. Dengan keadaan fisik yang substandar, penghasilan penghuninya amat rendah (miskin)
3. Tidak dapat dilayani berbagai fasilitas kota
4. Tdak diingini kehadirannya oleh umum, (kecuali yang berkepentingan)
5. Permukiman kumuh selalu menempati lahan dekat pasar kerja (non formal), ada sistem
    angkutan yang memadai dan dapat dimanfaatkan secara umum walau tidak selalu murah.
2. Sebab dan Proses Terbentuknya Permukiman Kumuh
a. Sebab Terbentuknya Permukiman Kumuh
Dalam perkembangan suatu kota, sangat erat kaitannya dengan mobilitas penduduknya. Masyarakat yang mampu, cenderung memilih tempat huniannya keluar dari pusat kota. Sedangkan bagi masyarakat yang kurang mampu akan cenderung memilih tempat tinggal di pusat kota, khususnya kelompok masyarakat urbanisasi yang ingin mencari pekerjaan dikota. Kelompok masyarakat inilah yang karena tidak tersedianya fasilitas perumahan yang terjangkau oleh kantong mereka serta kebutuhan akan akses ke tempat usaha, menjadi penyebab timbulnya lingkungan pemukiman kumuh di perkotaan.
Latar belakang lain yang erat kaitannya dengan tumbuhnya permukiman kumuh adalah akibat dari ledakan penduduk di kota-kota besar, baik karena urbanisasi maupun karena kelahiran yang tidak terkendali. Lebih lanjut, hal ini mengakibatkan ketidakseimbangan antara pertambahan penduduk dengan kemampuan pemerintah untuk menyediakan permukiman-permukiman baru, sehingga para pendatang akan mencari alternatif tinggal di permukiman kumuh untuk mempertahankan kehidupan di kota.
b. Proses Terbentuknya Permukiman Kumuh
Dimulai dengan dibangunnya perumahan oleh sektor non-formal, baik secara perorangan maupun dibangunkan oleh orang lain. Pada proses pembangunan oleh sektor non-formal tersebut mengakibatkan munculnya lingkungan perumahan kumuh, yang padat, tidak teratur dan tidak memiliki prasarana dan sarana lingkungan yang memenuhi standar teknis dan kesehatan.

3. Masalah-masalah yang Timbul Akibat Permukiman Kumuh
Perumahan kumuh dapat mengakibatkan berbagai dampak. Dari segi pemerintahan, pemerintah dianggap dan dipandang tidak cakap dan tidak peduli dalam menangani pelayanan terhadap masyarakat. Sementara pada dampak sosial, dimana sebagian masyarakat kumuh adalah masyarakat berpenghasilan rendah dengan kemampuan ekonomi menengah ke bawah dianggap sebagai sumber ketidakteraturan dan ketidakpatuhan terhadap norma-norma sosial.
Terbentuknya pemukiman kumuh, yang sering disebut sebagai slum area. Daerah ini sering dipandang potensial menimbulkan banyak masalah perkotaan, karena dapat merupakan sumber timbulnya berbagai perilaku menyimpang, seperti kejahatan, dan sumber penyakit sosial lainnya.
Penduduk di permukiman kumuh tersebut memiliki persamaan, terutama dari segi latar belakang sosial ekonomi-pendidikan yang rendah, keahlian terbatas dan kemampuan adaptasi lingkungan (kota) yang kurang memadai. Kondisi kualitas kehidupan yang serba marjinal ini ternyata mengakibatkan semakin banyaknya penyimpangan perilaku penduduk penghuninya. Hal ini dapat diketahui dari tatacara kehidupan sehari-hari, seperti mengemis, berjudi, mencopet dan melakukan berbagai jenis penipuan. Terjadinya perilaku menyimpang ini karena sulitnya mencari atau menciptakan pekerjaan sendiri dengan keahlian dan kemampuan yang terbatas, selain itu juga karena menerima kenyataan bahwa impian yang mereka harapkan mengenai kehidupan di kota tidak sesuai dan ternyata tidak dapat memperbaiki kehidupan mereka.
Mereka pada umumnya tidak cukup memiliki kamampuan untuk mendapatkan pekerjaan yang layak, disebabkan kurangnya keterampilan, tanpa modal usaha, tempat tinggal tak menentu, rendahnya penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, rendahnya daya adaptasi sosial ekonomi dan pola kehidupan kota. Kondisi yang serba terlanjur, kekurangan dan semakin memprihatinkan itu mendorong para pendatang tersebut untuk hidup seadanya, termasuk tempat tinggal yang tidak memenuhi syarat kesehatan.
Permukiman kumuh umumnya di pusat-pusat perdagangan, seperti pasar kota, perkampungan pinggir kota, dan disekitar bantaran sungai kota. Kepadatan penduduk di daerah-daerah ini cenderung semakin meningkat dengan berbagai latar belakang sosial, ekonomi, budaya dan asal daerah. Perhatian utama pada penghuni permukiman ini adalah kerja keras mencari nafkah atau hanya sekedar memenuhi kebutuhan sehari-hari agar tetap bertahan hidup, dan bahkan tidak sedikit warga setempat yang menjadi pengangguran. Sehingga tanggungjawab terhadap disiplin lingkungan, norma sosial dan hukum, kesehatan, solidaritas sosial, tolong menolong, menjadi terabaikan dan kurang diperhatikan.
Oleh karena para pemukim pada umumnya terdiri dari golongan-golongan yang tidak berhasil mencapai kehidupan yang layak, maka tidak sedikit menjadi pengangguran, gelandangan, pengemis, yang sangat rentan terhadap terjadinya perilaku menyimpang dan berbagai tindak kejahatan, baik antar penghuni itu sendiri maupun terhadap masyarakat lingkungan sekitanya. Kondisi kehidupan yang sedang mengalami benturan antara perkembangan teknologi dengan keterbatasan potensi sumber daya yang tersedia, juga turut membuka celah timbulnya perilaku menyimpang dan tindak kejahatan dari para penghuni pemukiman kumuh tersebut. Kecenderungan terjadinya perilaku menyimpang (deviant behaviour) ini juga diperkuat oleh pola kehidupan kota yang lebih mementingkan diri sendiri atau kelompokya yang acapkali bertentangan dengan nilai-nilai moral dan norma-norma sosial dalam masyarakat.
Perilaku menyimpang pada umumnya sering dijumpai pada permukiman kumuh adalah perilaku yang bertentangan dengan norma-norma sosial, tradisi dan kelaziman yang berlaku sebagaimana kehendak sebagian besar anggota masyarakat. Wujud perilaku menyimpang di permukiman kumuh ini berupa perbuatan tidak disiplin lingkungan seperti membuang sampah dan kotoran di sembarang tempat. Kecuali itu, juga termasuk perbuatan menghindari pajak, tidak memiliki KTP dan menghindar dari kegiatan-kegiatan kemasyarakatan, seperti gotong-royong dan kegiatan sosial lainnya. Bagi kalangan remaja dan pengangguran, biasanya penyimpangan perilakunya berupa mabuk-mabukan, minum obat terlarang, pelacuran, adu ayam, bercumbu di depan umum, memutar blue film, begadang dan berjoget di pinggir jalan dengan musik keras sampai pagi, mencorat-coret tembok/bangunan fasilitas umum, dan lain-lain. Akibat lebih lanjut perilaku menyimpang tersebut bisa mengarah kepada tindakan kejahatan (kriminal) seperti pencurian, pemerkosaan, penipuan, penodongan, pembunuhan, pengrusakan fasilitas umum, perkelahian, melakukan pungutan liar, mencopet dan perbuatan kekerasan lainnya.
Keadaan seperti itu cenderung menimbulkan masalah-masalah baru yang menyangkut: (a) masalah persediaan ruang yang semakin terbatas terutama masalah permukiman untuk golongan ekonomi lemah dan masalah penyediaan lapangan pekerjaan di daerah perkotaan sebagai salah satu faktor penyebab timbulnya perilaku menyimpang, (b) masalah adanya kekaburan norma pada masyarakat migran di perkotaan dan adaptasi penduduk desa di kota, (c) masalah perilaku menyimpang sebagai akibat dari adanya kekaburan atau ketiadaan norma pada masyarakat migran di perkotaan. Disamping itu juga pesatnya pertumbuhan penduduk kota dan lapangan pekerjaan di wilayah perkotaan mengakibatkan semakin banyaknya pertumbuhan pemukiman-pemukiman kumuh yang menyertainya dan menghiasi areal perkotaan tanpa penataan yang berarti.
Masalah yang terjadi akibat adanya permukiman kumuh ini, khususnya dikota-kota besar diantaranya wajah perkotaan menjadi memburuk dan kotor, planologi penertiban bangunan sukar dijalankan, banjir, penyakit menular dan kebakaran sering melanda permukiman ini. Disisi lain bahwa kehidupan penghuninya terus merosot baik kesehatannya, maupun sosial kehidupan mereka yang terus terhimpit jauh dibawah garis kemiskinan. (Sri Soewasti Susanto, 1974)
Secara umum permasalahan yang sering terjadi di daerah permukiman kumuh adalah:
  1. ukuran bangunan yang sangat sempit, tidak memenuhi standard untuk bangunan layak huni
  2. rumah yang berhimpitan satu sama lain membuat wilayah permukiman rawan akan bahaya kebakaran
  3. sarana jalan yang sempit dan tidak memadai
  4. tidak tersedianya jaringan drainase
  5. kurangnya suplai air bersih
  6. jaringan listrik yang semrawut
  7. fasilitas MCK yang tidak memadai
4. Upaya Mengatasi Permukiman Kumuh
Kemiskinan merupakan salah satu penyebab timbulnya pemukiman kumuh di kawasan perkotaan. Pada dasarnya kemiskinan dapat ditanggulangi dengan adanya pertumbuhan ekonomi yang tinggi dan pemerataan, peningkatan lapangan pekerjaan dan pendapatan kelompok miskin serta peningkatan pelayanan dasar bagi kelompok miskin dan pengembangan institusi penanggulangan kemiskinan. Peningkatan pelayanan dasar ini dapat diwujudkan dengan peningkatan air bersih, sanitasi, penyediaan serta usaha perbaikan perumahan dan lingkungan pemukiman pada umumnya.
Cara Mengatasi Permukiman Kumuh:
1. Program Perbaikan Kampung, yang ditujukan untuk memperbaiki kondisi kesehatan lingkungan dan sarana lingkungan yang ada.
2. Program uji coba peremajaan lingkungan kumuh, yang dilakukan dengan membongkar lingkungan kumuh dan perumahan kumuh yang ada serta menggantinya dengan rumah susun yang memenuhi syarat.

Bentuk Bentuk Peremajaan Kota Di Indonesia:

1. Perbaikan lingkungan permukiman.
    Disini kekuatan pemerintah/public investment sangat dominan, atau sebagai faktor    tunggal pembangunan kota.
2. Pembangunan rumah susun sebagai pemecahan lingkungan kumuh.
3. Peremajaan yang bersifat progresif oleh kekuatan sektor swasta seperti munculnya super
blok (merupakan fenomena yang menimbulkan banyak kritik dalam aspek sosial yaitu
penggusuran, kurang adanya integrasi jaringan dan aktifitas trafik yang sering menciptakan
problem diluar super blok). Faktor tunggalnya adalah pihak swasta besar.
Pemerintah juga telah membentuk institusi yaitu Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Tugas Pokok dan Fungsi Bappenas diuraikan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 4 dan Nomor 5 Tahun 2002 tentang Organisasi dan tata kerja Kantor Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, tugas pokok dan fungsi tersebut tercermin dalam struktur organisasi, proses pelaksanaan perencanaan pembangunan nasional, serta komposisi sumber daya manusia dan latar belakang pendidikannya. Dalam melaksanakan tugasnya, Kepala Bappenas dibantu oleh Sekretariat Utama, Staf Ahli dan Inspektorat Utama, serta 7 deputi yang masing-masing membidangi bidang-bidang tertentu.
Yang di usahakan adalah: perkembangan ekonomi makro, pembangunan ekonomi, pembangunan prasarana, pembangunan sumber daya manusia, pembangunan regional dan sumber daya alam, pembangunan hukum, penerangan, politik, hankam dan administrasi negara, kerja sama luar negeri, pembiayaan dalam bidang pembangunan, pusat data dan informasi perencanaan pembangunan, pusat pembinaan pendidikan dan pelatihan perencanaan pembangunan (pusbindiklatren), program pembangunan nasional(propenas), badan koordinasi tata ruang nasional, landasan/acuan/dokumen pembangunan nasional, hubungan eksternal.

Nuryana 25210226
Ratna Sapitri 25210671
Shinta Nur Amalia 26210523